Site icon Parade.id

Menyusuri Jejak Industri Halal: Perbandingan Halal di Indonesia dan Jepang

Foto: talk show “Menyurusi Jejak Industri Halal: Perbandingan Halal di Indonesia dan Jepang” di Jakarta, Rabu (11/9/2024), dok. istimewa

Jakarta (parade.id)- Untuk meningkatkan kenyamanan konsumen saat bersantap, PT Sushi-Tei Indonesia atau lebih dikenal dengan Sushi Tei Group, sebuah grup restoran terkemuka yang fokus pada makanan khas Jepang di Indonesia, menyadari pentingnya sertifikasi halal.

Halal adalah komponen penting dalam kehidupan saat ini, terutama dalam pemilihan makanan. Brand di bawah naungan Sushi Tei Group seperti Sushi Tei, Sushi Tei Cafe, Tom Sushi, dan Hokkaido-Ya sudah mengantongi sertifikat halal dari LPPOM MUI sejak 2018.

Dalam rangka perayaan ulang tahun Sushi Tei Group ke – 21 di Grand Atrium Kota Kasablanka, Sushi Tei Group mengadakan talk show mengenai penerapan Halal di Indonesia dan Jepang dengan tema “Menyurusi Jejak Industri Halal: Perbandingan Halal di Indonesia dan Jepang”, dengan menggandeng Halal Corner, pegiat halal (Anca), dan narasumber dari Sushi Tei Group, Levi Annisa Saesari (Sr. Product Development & Quality Control Manager).

Dalam talk show kali ini, pembicaraan akan fokus tentang penerapan halal di 2 negara, Indonesia dan Jepang, tantangan yang dihadapi sebagai brand yang bergerak di bidang makanan Jepang di Indonesia, potensi pasar halal di Indonesia, dan juga bagaimana sebagai wisatawan membedakan makanan halal saat berkunjung ke Jepang.

Halal Corner sebagai moderator akan mengajak para narasumber untuk memberikan opini dari 2 sudut pandang yang berbeda.

“Dari sisi regulator, di Indonesia sudah ada lembaga yang mengatur mengenai proses sertifikat Halal dan hal ini menjadi keberuntungan bagi kami, Sushi Tei Group, dalam mendaftarkan brand kami dan juga menu yang akan kami jual,” ungkap Levi.

“Sedangkan di Jepang, hingga saat ini sertifikat halal kurang populer dan mereka masih mencari referensi dari peraturan halal di negara lain seperti Indonesia. Namun di Jepang sendiri, sudah banyak restoran yang menyadari permintaan halal sehubungan dengan meningkatnya wisatawan muslim yang berkunjung ke Jepang,” ungkap Anca.

Sushi Tei Group juga menghadapi berbagai tantangan untuk mempertahankan kehalalan produk. Salah satunya adalah terkait bahan baku dan edukasi kepada konsumen terkait peraturan halal.

Terlepas dari hal itu, Sushi Tei Group berkomitmen untuk terus beradaptasi dengan perubahan dan trend pasar global dengan tetap melakukan inovasi dan menjaga kualitas produk yang dihadirkan kepada pelanggan.

Dengan pemahaman yang lebih baik mengenai standar halal, Sushi Tei Group berharap dapat memperkuat posisinya sebagai pemain dalam industri makanan Jepang yang halal di Indonesia untuk meningkatkan pengalaman kuliner tak terlupakan bagi para pelanggannya.

Tentang SUSHI TEI GROUP

Sushi Tei Group berdiri pada tahun 2003 and fokus pada makanan Jepang di Indonesia dengan 8 brand: Sushi Tei, Sushi Kiosk, Tom Sushi, Sushi Kyuden, Hokkaido-Ya, Yoka Yoka, Sushi Tei Cafe dan First Filled. Saat ini, Sushi Tei Group beroperasi di 16 kota besar di Indonesia dengan total 102 restoran. Jumlah ini akan bertambah di tahun berikutnya.

Sushi Tei Group selalu berusaha memberikan produk dan pelayanan terbaik bagi para pelanggan, dengan terus melakukan continuous improvement berdasarkan nilai perusahaan yang selalu menjunjung tinggi integritas.

Sushi Tei Group tidak hanya memperhatikan rasa tapi juga mutu masakan maupun pelayanannya.

Seluruh outlet Sushi Tei Group di Jabodetabek telah menerapkan standard HACCP (Hazard Analysis and Critical Control Point) yang merupakan food safety management system yang telah diakui di seluruh dunia.

Dengan penerapan HACCP, semua makanan yang tersaji di outlet-outlet Sushi Tei Group terjamin telah melalui seleksi standard mutu dan keamanan yang terjamin, terlebih bagi menu Sashimi yang disajikan mentah.

Konsumen Sushi Tei Group bisa merasa aman menyantap semua menu baik yang dimasak maupun mentah karena standard mutu yang terjamin.

Di kuartal pertama tahun 2018, brand Tom Sushi sudah mengantongi sertifikat halal diikuti dengan brand Sushi Tei di tahun 2019 dan Hokkaido-Ya di tahun 2021, sehingga masyarakat Indonesia yang mayoritas beragama Islam dapat dengan nyaman menyantap makanan Jepang.*

Exit mobile version