Jakarta (parade.id)- Presiden Jokowi, di Hari Pers Nasional, menyoroti keberlanjutan industri konvensional yang menghadapi tantangan berat. Ia mengaku mendengar banyak mengenai ini bahwa sekitar 60 persen belanja iklan telah diambil oleh media digital, terutama platform-platform asing.
“Ini sedih loh kita, sehingga tadi malam saat makan durian, saya mengundang beberapa tokoh insan pers untuk berbicara mengenai ini. Saya tahu bahwa Menkominfo baru saja mengajukan izin prakarsa mengenai rancangan perpres tentang kerja sama platform digital dengan perusahaan pers untuk mendukung jurnalisme yang berkualitas,” ujarnya, saat memberikan sambutan, Kamis (9/2/2023).
Tapi menurutnya ada usulan lain rancangan pers tentang tanggung jawab perusahaan platform digital untuk jurnalisme yang berkualitas. Ia pun menyarankan agar dalam satu bulan ini harus selesai mengenai perpres ini.
“Jangan lebih dari satu bulan. Saya nanti akan ikut dalam beberapa pembahasan ini,” tegasnya.
Ia menegaskan dan mengingatkan kembali bahwa sekitar 60 persen belanja iklan telah diambil oleh media digital, terutama platform-platform asing. Ia mengartikan, bahwa sumber keuanga media konvensional akan semakin berkurang terus.
“Larinya pasti ke sana. Dan sebagian sudah mengembangkan diri digital tetapi dominasi platform asing dalam mengambil belanja iklan ini telah menyulitkan media dalam negeri kita,” kata dia.
(Rob/parade.id)